Peranan Lembaga Asuransi Dalam masyarakat Beserta Contohnya



Peranan lembaga asuransi adalah suatu lembaga yang melakukan kegiatan untuk menghimpun dana masyarakat guna menanggung resiko pihak lain. Contohnya seperti asuransi Jiwa, asuransi Kecelakaan diri, asuransi Sosial, asuransi Sosial Tenaga Kerja, asuransi Kesehatan, asuransi Kecelakaan Penumpang, asuransi Kebakaran, asuransi Pengiriman Uang, asuransi Penyimpanan Uang, asuransi Pencurian Uang, asuransi Pengangkutan Barang.

Perusahaan asuransi memiliki fungsi atau peran sebagai berikut:

Risk Transfer

Fungsi utama dari perusahaan asuransi adalah menjalankan mekanisme pemindahan risiko. Mekanisme pemindahan risiko ini membuat suatu perusahaan mendapatkan kepastian untuk kerugian yang sebenarnya belum pasti sehingga pimpinan perusahaan tersebut dapat berkonsentrasi untuk mengembangkan perusahaan untuk meningkatkan perolehan keuntungan.

Creation of Common Pool

Dengan menerima premi dari sejumlah besar tertanggung, perusahaan asuransi harus membentuk sebuah kumpulan dana dengan jenis risiko yang sama untuk menyediakan perlindungan kerugian yang ditimbulkan atas risiko tersebut.

Equitable Premiums

Perusahaan asuransi harus memastikan premi yang harus dibayar oleh tertanggung sesuai dengan tingkat risiko yang dimiliki. Jumlah premi yang terlalu besar dapat menyebabkan perusahaan asuransi kehilangan bisnis karena tertanggung memilih perusahaan pesaing, sedangkan jika jumlah premi terlalu sedikit dapat menyebabkan perusahaan asuransi tidak mendapatkan dana yang cukup untuk melakukan pembayaran klaim.

Reduction of Loss

Perusahaan asuransi berfungsi untuk membantu perkembangan perekonomian melalui usaha-usaha yang dilakukan guna meminimalkan kemungkinan terjadinya suatu risiko, menurunkan tingkat kerugian atau membatasi kerugian yang terjadi. Hal ini dilakukan dengan melaksanakan survei dan penelitian atas risiko-risiko yang dijamin, melakukan pemetaan risiko berdasarkan tingkat kerugian yang mungkin timbul, memberikan edukasi kepada tertanggung terkait cara-cara pencegahan terjadinya kerugian, membebankan risiko sendiri kepada tertanggung, dan lain-lain.

Assistance to Business Enterprise

Asuransi berfungsi untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan usaha melalui pemberian jaminan atas risiko-risiko kerugian yang mungkin diderita oleh penanam modal maupun pengelola usaha itu sendiri. Dengan kata lain, dengan membeli asuransi, penanam modal dalam suatu usaha tidak perlu mencemaskan kemungkinan kehilangan investasi saat terjadi bencana dan bagi pengelola usaha, dengan membayar premi asuransi yang jumlahnya relatif kecil, tidak perlu mencadangkan dana yang relatif besar untuk risiko kerugian yang mungkin diderita.

Popular Posts