6 Jenis Kota Berdasarkan Tahap Perkembangan



6 jenis kota berdasarkan tahap perkembangan - Kota adalah pusat permukiman dan kegiatan penduduk yang memiliki batas wilayah administrasi yang diatur dalam peraturan perundang-undangan serta permukiman yang telah memperlihatkan watak dan ciri kehidupan perkotaan.
  1. Kota Epolis adalah sebuah kota yang berupa pusat dari daerah pertanian serta yang mempunyai adat-istiadat yang sederhana.
  2. Kota Polis adalah tempat yang merupakan sebuah pusat keagamaan dan pemerintahan yang bentuknya berupa sebuah benteng yang kokoh dan di dalamnya terdapat tempat ibadah, pasar dan gilda (tempat menghasilkan barang).
  3. Kota Metropolis adalah sebuah kota yang mempunyai ciri wilayah kurang luas namun memiliki banyak penduduk yang terdiri dari orang-orang berbagai bangsa selain itu dicirikan adanya perkawinan campuran antar bangsa, menampilkan sisi kemegahan tetapi dari aspek sosial sangat kontras antara golongan kaya dan miskin.
  4. Kota Megapolis adalah sebuah kota dimana di dalam masyarakatnya muncul sebuah gejala patologis (penyakit sosial) yang sangat menonjol.
  5. Kota Tiranpolis: sebuah kota dimana pemerintahan memiliki kekuasaan yang sangat kuat atau otoriter sehingga rakyat miskin akan cenderung berbuat maksiat (demoralisasi) karena tidak sanggup melawan kekuasaan penguasa.
  6. Kota Nekropolis adalah sebuah kota yang mengalami kehancuran akibat peperangan penduduk dengan pemerintahnya.
Sumber:
- wikipedia
- baktipriana


Popular Posts