Penjelasan Tentang Kegiatan Produksi

Penjelasan tentang kegiatan produksi - Produksi adalah merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk menambah nilai guna suatu benda atau barang, atau menciptakan benda atau barang baru sehingga lebih berguna dalam memenuhi kebutuhan hidup. Kegiatan untuk menambah nilai daya guna suatu benda atau barang tanpa mengubah bentuknya, dinamakan produksi jasa. Sedangkan, kegiatan untuk menambah daya guna suatu benda atau barang dengan mengubah sifat dan bentuknya dinamakan produksi barang.

Produksi, bertujuan untuk memenuhi segala kebutuhan manusia guna mencapai kemakmuran. Kemakmuran, dapat terpenuhi jika tersedia barang dan jasa dalam jumlah yang mencukup. Orang atau perusahaan yang menjalankan suatu proses kegiatan produksi disebut Produsen.

Di dalam kegiatan produksi pasti memiliki modal. Modal, adalah segala alat yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan barang dan jasa, dengan imbalan yaitu berupa bunga modal kepada si pemodal. Kemudian, untuk lebih jelasnya ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu pembagian modal. Modal kita uraikan menjadi 4 bagian yaitu:
  • Modal tetap adalah modal yang memberikan jasa untuk proses produksi dalam waktu yang lama, atau bisa lebih dari satu kali putaran proses produksinya.
  • Modal lancar adalah modal yang memberikan jasa hanya sekali dalam proses produksinya. Modal ini hanya sekali dipakai dalam proses produksi. Kemudian, berubah sifat atau bentuknya menjadi benda atau barang lain.
  • Modal sendiri adalah modal yang diserahkan oleh pemilik modal kepada sebuah badan usaha. Apabila laba yang didapat dan belum atau tidak diserahkan kepada si pemilik modal, secara otomatis digolongkan sebagai modal sendiri.
  • Modal asing adalah modal yang diberikan oleh orang atau badan lain kepada suatu badan usaha sebagai pinjaman.

Faktor-faktor Produksi :


1. Faktor Alam.

2. FaktorTenaga kerja.

3. Faktor Modal.

4. Faktor Kewirausahaan. 

Sektor-sektor produksi :


- Sektor Primer.

- Sektor Sekunder.

- Sektor Tersier.

- Sektor Publik.

- Sektor Swasta.

- Sektor Konsumsi.

- Sektor Investasi.

Sumber: wikipedia

Popular Posts