Kebutuhan Jasmani Adalah Kebutuhan Pokok Manusia

Kebutuhan Jasmani Adalah Kebutuhan Pokok Manusia - Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Kebutuhan manusia yang terus meningkat dari tahun ke tahun, hal ini menyebabkan berimbas pada ilmu pengetahuan dan teknologi yang otomatis juga semakin meningkat. Kebutuhan pokok manusia yang kita kenal sekarang ini adalah sandang, pangan dan papan.

3 Kebutuhan Pokok Penting Bagi Manusia


Sandang


Kebutuhan sandang adalah berupa pakaian yang diperlukan oleh setiap manusia sebagai mahluk berbudaya. Pada mulanya, manusia memakai pakaian dari kulit kayu dan hewan yang banyak tersedia di alam. Kemudian, manusia menemukan teknologi pemintal kapas menjadi benang untuk ditenun menjadi bahan dasar pakaian. Pakaian memiliki fungsi sebagai pelindung tubuh manusia dari panas dan dingin. Seiring waktu fungsi pakaian manusia berubah, yaitu untuk memberikan kenyamanan sesuai dengan beberapa jenis kebutuhan seperti pakaian untuk kerja, pakaian untuk di rumah, pakaian untuk tidur dan lain sebagainya.

Pangan


Kebutuhan pangan adalah kebutuhan yang menempati urutan pertama bagi setiap manusia. Pangan dibutuhkan oleh setiap manusia, baik secara kuantitatif maupun juga secara kualitatif. Usaha-usaha yang dilakukan untuk mencukupi kebutuhan akan pangan oleh negara-negara yang berkembang, adalah dengan cara-cara tradisional. Yaitu, dengan melakukan memperluasan lahan pertanian yang disebut ekstentifikasi, sedangkan pada negara maju, sistem-sistem pertanian bisa dilakukan dengan cara intensifikasi. Yaitu, dengan mengolah lahan pertanian dengan lebih baik dan modern. Hal inilah menyebabkan hasil-hasil produksi pertanian pada negara maju lebih banyak jumlahnya bila dibanding dengan negara berkembang.

Di beberapa kalangan masyarakat Indonesia, bahan makanan pokok sangat memegang peranan penting dalam memenuhi kebutuhan. Contohnya, untuk masyarakat di Sumatera dan di Jawa, sebagian besar mereka memakan nasi sedangkan masyarakat Maluku dan Papua memakan sagu.

Papan


Kebutuhan papan adalah kebutuhan manusia untuk memiliki tempat tinggal. Pada awalnya, rumah berfungsi hanya untuk bertahan diri dari lingkungan alam sekitar. Namun, lama-lama berubah menjadi sebuah tempat tinggal keluarga. Oleh karena itu, kebutuhan akan mempercantik rumah semakin ditingkatkan dari waktu ke waktu.


Sumber: wikipedia


Popular Posts