Penjelasan Tentang Retur Pembelian Secara Tunai Maupun Credit



Penjelasan Tentang Retur Pembelian Dengan Tunai Maupun Credit - Retur pembelian merupakan pengembalian barang dagangan pada si penjual karena rusak, cacat atau tidak cocok dengan detail yang dipastikan. Transaksi retur buat konsumen, akan mengakibatkan pengurangan utangnya pada pihak penjual. Pencatatan transaksinya merupakan akun utang dagang, yang dicatat pada tempat debit serta retur pembelian di catat pada credit. Buat pihak penjual, transaksi ini mengakibatkan pengurangan tagihan atau piutang konsumen. 

Di bawah ini akan diterangkan mengenai beberapa jenis pembelian yang dikerjakan oleh satu badan usaha. Ada banyak type pembelian yakni diantaranya : 

Pembelian dengan cara tunai 


Pembelian dengan cara tunai merupakan pembelian barang dagangan yang dilakukan dengan pembayaran kontan yang dicatat pada kas. 

Pembelian dengan cara Credit 


Pembelian dengan credit merupakan pembelian barang dagang dengan cicilan atau credit yang akan dibayar lunas pada saat yang sudah disetujui dengan penyuplai barang. 

Diluar itu, ada pula transaksi dengan type potongan harga pembelian. Potongan harga pembelian adalah pembelian barang dagang dengan potongan harga (diskon) yang pembayarannya akan dikerjakan sesuai dengan waktu yang disetujui. 

Di bawah ini akan diterangkan mengenai beberapa jenis retur pembelian yang dikerjakan oleh satu badan usaha yakni seperti berikut : 

Retur pembelian dengan cara tunai 


Retur pembelian tunai, merupakan pengembalian barang dagangan yang telah dibeli dengan tunai atau kontan. Di catat pada kas dengan kesepakatan barang dapat dikembalikan bila rusak hingga dilakukan pembuatan retur pembelian oleh si konsumen. 

Retur pembelian dengan cara Credit 


Retur Pembelian Dengan Credit merupakan pengembalian barang dagangan yang telah dibeli dengan credit dengan kesepakatan barang dapat dikembalikan bila rusak hingga dikerjakan retur pembelian oleh si konsumen.

Popular Posts